Sunday, December 6, 2009

Ujian akhir sebuah kebodohan ? II

Udah lama saya pendam keinginan untuk mostingin "Ujian akhir sebuah kebodohan ? II" ini. Kalo di Ujian akhir sebuah kebodohan ? yang pertama saya sangat menentang ujian ahir maka disini sebaliknya.Saya sangat mendukung semua bentuk pembelajaran, apapun bentuknya selama itu positif dan bisa membantu itu bagus.

Tapi hal yang paling saya tidak suka adalah menentukan nilai seorang siswa hanya dari hasil sebuah ujian, dikampus saya... ujian bukan hal mutlak untuk menentukan nilai seseorang, walaupun sebagian dosenku tidak berbuat seperti itu. Mereka bisa menambah nilai dari persentase kehadiran, keaktifan siswa dan lain-lain.
Ini memang terlihat bagus, tapi sisi negatifnya juga sangat menonjol, meode seperti ini menimbulkan berbagai masalah, seperti pemanfaatan presentase kehadiran tanpa memperdulikan pelajaran.
Setiap tahun apa yang diajarkan terlihat meningkat, tapi hanya sekian persen mungkin 0,***% saja. tentu saja itu menyedihkan. Sebuah lembaga pendidikan ternyata tidak cukup jeli dalam memajukan efektifitas pembelajaran. Dan hasilnya bisa terlihat pada ujian ahir. Presentase mahasiswa yang mendapatkan nilai A untuk Skripsi sangat minim sekali. Dan tentu saja dosen akan dengan senang hati menyalahkan mahasiswanya yang tidak belajar dengan rajin.
Sebenarnya banyak faktor yang dapat meningkatkan efektifitas belajar-mengajar yang seharusnya dikembangkan oleh lembaga pendidikan, jangan terlalu terpaku pada kurikulum yang diwajibkan oleh pemerintah karena itu tidak sepenuhnya efektif...
Pendekatan Guru/Dosen kepada siswa/Mahasiswa sangat diperlukan dalam proses belajar-mengajar, hal ini yang sangat jarang saya temukan pada guru-guru yang sudah mengajar saya, tanpa mengurangi rasa hormat saya sebagai siswa. Ini sebenarnya sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran dizaman modern. Keengganan siswa untuk memotivasi diri sendiri menjadi alasan utama mengapa itu sangat diperlukan.
Jangan menutup mata...!!!
Saya sebagai mahasiswa sangat merasakannya, saya juga menyaksikan apa yang teman-teman saya lakukan dan bagaimana kemampuan mereka. jadi saya sangat yakin dengan hal itu.
Maju terus dunia pendidikan...!!!

No comments:

Post a Comment

Thanks for comment