Sunday, November 29, 2009

Ujian akhir sebuah kebodohan?

Apa yang mereka pelajari disekolah? kampus? dan bagaimana mereka dihina dan menghina dengan ujian ahir? kenapa saya katakan demikian?
Alasannya cukup simpel, sekolah dan kampus tidak mempercayai dan yakin kepada mereka, guru, dosen atas apa yang telah mereka ajarkan dan kita pelajari. Itu artinya bahwa mutu pendidikan masih dibawah standar sehingga harus diadakan ujian untuk menilai kemampuan(hasil) pendidikan yang mereka enyam selama sekian tahun.
Jadi apa yang mereka pelajari sekian tahun? ketika mereka menemukan diri mereka tidak lulus sebuah ujian. Kalo sarat kelulusan hanya sebuah ujian, mereka tidak harus belajar sekian tahun, dengan beberapa bulan mereka bisa menembus sebuah ujian akhir. Dan seharusnya para guru/dosen malu melihat mereka yang tidak lulus, memang kesalahan itu tidak bisa sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru, tapi paling tidak itu membuktikan bahwa apa yang telah diajarkan tidaklah efektif. Dan ironisnya apa yang diujikan terkadang diluar apa yang telah mereka pelajari selama ini.
Dah hal lain yang paling saya soroti adalah pendidikan moral, jika ternyata sebuah ujian adalah hal yang paling tepat untuk menilainya, maka itu adalah hal terbodoh yang pernah ada. karena, seharusnya nilai yang didapat bisa dilihat dari perkembangan moral siswa/mahasiswa ketika mengenyam pendidikan. Itu artinya bahwa seorang yang tidak (belum) memiliki moral yang baik tetapi cerdas mampu mengalahkan nilai mereka yang bermoral baik dengan kepintaran dibawah standar. Jadi apa itu moral...? Bagaimana menilainya...?
Dan seharusnya pertanyaan inilah yang paling penting. "Apa itu pendidikan yang efektif?", kurasa itu tugas kita untuk mempelajari, mengembangkan, dan menerapkannya.
Hormati guru dan junjung tinggi pendidikan....!!!

5 comments:

  1. kalo menurut sayah.. di EndonesiaH ini banyak orang2 yg sanagd pandai namun tak bermoral mas.. jika banyak anak2 yg sholeh dan sholeha.. pasti negeri ini bisa maju.

    ReplyDelete
  2. nah pendidikan umum dan pendidikan moral perlu diseimbangkan

    long time no see bro

    ReplyDelete
  3. hmmm joOz, kamu nulis ini lagi marah apa emosi jiwa xixi...
    pendidikan moral penting banget, bahkan seorang yg pintar secara akademik tapi klo bejad ya disingkirkan dueh...

    menurutku bukan krn mereka ga percaya, tapi apakah si peserta didik sudah memahami apa yg diajarkan mereka..?sudah nyangkut di otaknya? sudah bisa mensosialisasikan ilmu yg didapat?
    selamat jadi sarjana joOz... :)

    ReplyDelete
  4. luar biasa bang.. salut buat keberanianmu menulis ini.. !! kereeeen.. memang seperti itu kondisinya.. paraaaah..

    ReplyDelete
  5. wew.. ada kamu pergerakan baru yang muncul di dunia bloger nih.. mantap!!

    ReplyDelete

Thanks for comment